Ask and Request

Jika rekan rekan memiliki pertanyaan atau usulan mengenai artikel ataupun permintaan tertentu terkait Lean, rekan-rekan dapat menyampaikannya dengan memberikan komentar di halaman ini.

10 comments

  1. cecep

    dear sir,
    saya mau bertanya,
    bagai mana menggunakan metoda lean sixsigma untuk perusahaan pertambangan oil dan gas atau produk yg tidak dapat dihitung kualitas dan kuantitasnya dalam satuan pcs?
    mohon pencerahanya baik metoda analisisnya mupun dari manajemennya.

  2. Renaldy Akbar

    Sebenarnya Lean Service itu bagian dari Lean Manufacturing atau berdiri sendiri, Prof Vincent Gaspersz di bukunya “Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries” menyatakan bahwa Lean Service bukan bagian dari Lean Manufacturing, tapi ada juga hasil browsing yang menyatakan sebaliknya.
    Mohon penjelasannya, terima kasih 🙂

    • sscxonline

      Bisa dikatakan bahwa Lean Service adalah adaptasi Lean Manufacturing untuk proses, sektor, industri yang transaksional, berbasis pelayanan, intangible products. Prinsip dari Lean Service adalah sama dengan prinsip dari Lean Manufacturing. Menggunakan terminologi Lean Manufacturing ke lingkungan jasa/service akan menimbulkan resistensi. Informasi lebih lanjut untuk lean service ada di tautan ini.

  3. dian

    selamat malam Pak, ingin bertanya mengenai anlisis permasalahan menggunakan 5why

    Apakah 5why harus harus sampai 5 iterasi? atau bisa kurang? atau lebih?

    terimakasih

  4. Reivelino

    Dear Lean Expert,
    Saya sedang menulis thesis tentang bagaimana mengukur kinerja lean (service) pada perusahaan jasa migas dengan metode Balance Scorecard. Saya mengalami kesulitan menemukan jurnal/makalah/referensi dalam penulisan Lean service yang berkaitan dengan perusahaan jasa migas . Mungkin rekan-rekan lean indonesia bisa membantu saya dengan link/ website untuk menemukan jurnal/makalah/referensi dalam penulisan Lean service tersebut.
    Terima kasih sebelumnya atas masukannya.

    Salam hormat,

    Reivelino

Post a comment

You may use the following HTML:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>